Belajar C++ #part 22 | Encapsulation

Assalamu'alaikum wr.wb
Halo kembali bersama gua Syahrul R. Yang terganz terkece terterrr terlalu berharap :v
Ok kali ini gua mau lanjut C++ ea mank, sekarang masuk ke Encapsulation, materi ini masih menyangkut class ea mank,Karena panjang untuk materi class kek jalan tol :v
Oke lngsung saja, cekidottt..

Apa itu Encapsulation?
Encapsulation/enkapsulasi adalah ide "Mengelilingi" suatu entitas, tidak hanya menjaga apa yang ada didalamnya, tetapi juga untuk melindunginya.(sosweet ea di Lindungin) :v
Dalam oreantasi objek, Encapsulation lebih dari sekedar menggabungkan atribut dan perilaku bersama sama dalam suatu class.
Itu juga berarti membatasi akses ke bagian class itu.
Prinsip utama disini adalah bahwa objek hanya mengungkapkan apa yang di butuhkan komponen aplikasi lain untuk menjalankan aplikasi secara efektif. Semua hal ini di jauhkan dari pandangan.

Kita harus menyembunyikan atribut itu, mengontrol akses kesana, sehingga hanya dapat di akses oleh objek itu sendiri.
Dengan cara ini, keseimbangan tidak dapat secara langsung di ubah dari luar objek dan hanya dapat di akses menggunakan metode metodenya.

Penentu akses digunakan untuk mengatur tingkat akses ke anggota class tertentu.
Ada tiga macem penentu akses mank, yaitu publik ( public ), dilindungi ( protected ), pribadi ( private ).

Anggota publik di akses dari luar class.
Contoh program:

#include <iostream>
#include <string>
using namespace std;

class classKu {
          public:
          string nama;
};
int main(){
   classKu objekKu;
   objekKu.nama = "Syahrul ganz";
   cout << objekKu.nama;

    return 0;
}

Untuk contoh program di atas atribut nama bersifat publik,  itu bisa di akses dan di modifikasi dari luar kode.
Dan outputnya adalah Syahrul.

Dan untuk anggota private tidak dapat di akses atau bahkan di lihat dari luar class, itu hanya bisa di lihat dari dalam class mank.
Fungsi anggota public dapat di gunakan untuk mengakses anggota private.
Contoh mank:

#include <iostream>
#include <string>
using namespace std;

class classKu {
         public:
            void aturNama (string x) {
                name = x;
         }
          private:
             string nama;
};
int main() {
       classKu objekKu;
        objekKu.nama("Syahrul");

         return;
}

Untuk contoh program di atas atribut nama bersifat pribadi / private dan tidak dapat di akses dari luar.
Untuk kode aturNama(), itu untuk mengatur atribut nama.

Oh iya, kita juga dapat menambahkan metode publik lain untuk mendapatkan atribut.
Skuy langsung saja.. Cekidottt..

#include <iostream>
#include <string>
using namespace std;

class classKu {
       public:
       void aturNama (string x) {
           nama = x;
        }
       string ambilNama() {
           return nama;
        }
       private:
            string nama;
};
int main() {
      ClassKu objekKu;
      objekKu.aturNama = ("Syahrul");
      cout << objekKu.ambilNama();

      return 0;
}

Dari contoh program di atas kita menggunakan Encapsulation untuk Menyembunyikan atribut nama dari kode luar. Dan kita kemudian menyediakan akses ke sana dengan metode publik.
Data class kita dapat di baca dan di modifikasi hanya dengan metode itu mank.

Oke gua rasa cukup sekian dulu mank
See you Next Time :)
Wassalamu'alaikum wr.wb

0 Response to "Belajar C++ #part 22 | Encapsulation"

একটি মন্তব্য পোস্ট করুন

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel